Kamis, 05 Juni 2008

Peringkat B2 pada Obligasi Gajah Tunggal

SUARA KARYA - Obligasi PT Gajah Tunggal Tbk senilai 95 juta dolar AS mendapatkan peringkat (rating) B2 oleh Moody's Investors Service. Demikian diungkapkan, analis Moody's Elizabeth Allen dalam siaran pers di Jakarta, Senin (4/6).

Pada saat yang sama, Moody's juga kembali menetapkan rating B2 untuk peringkat korporasi dan obligasi yang sudah diterbitkan senilai 325 juta dolar AS tapi, outlook rating ini masih negatif.

Menurut Elizabet, menyebutkan rating B2 mencerminkan posisi dominan dan kompetitif Gajah Tunggal dalam pasar ban domestik di Indonesi, ekspansi ke luar negeri dan rendahnya struktur biaya. "Rating outlook akan berubah negatif menjadi stabil setelah menunggu tuntasnya penerbitan obligasi 95 juta dolar AS itu," kata Elizabeth.

Elizabet mengungkapkan, emisi obligasi menjadi perhatian Moody's sebelumnya terhadap tingginya risiko pembiayaan yang dihadapi Gajah Tunggal. Ini akan membutuhkan pendanaan eksternal bagi pembayaran kembali utang sebelum akhir tahun 2008.

Profil likuditas perseroan akan membaik, dengan adanya tambahan emisi obligasi dan kebutuhan refinancing dalam waktu dekat yang akan dihapuskan sebagai belanja investasi (capital expenditure/capex), karena rencana bisnis sekarang ini akan didanai dengan dana hasil emisi obligasi tersebut.

Kinerja operasional Gadjah Tunggal juga telah membaik selama kuartal pertama 2007, dicerminkan EBITDA margin menjadi 10,6 persen. (Agus)

Tidak ada komentar: